Friday, January 28, 2011

THE INFLUENCE OF SUBAK IN AGRICULTURE OF BALI



Bali merupakan daerah pariwisata. Selain terkenal dengan pantainya, Bali juga terkenal dengan ciri khas pertaniannya yang menggunakan sistem subak. Sistem subak merupakan sistem pengairan air di Bali yang digunakan petani untuk mengatasi kekurangan air pada saat musim kemarau.
Bali is a tourism place. Besides that Bali famous with its beautiful beach and also its unique agricultural that use a system called Subak. Subak is a irrigation system in Bali that used by farmers to help them in dry season.
Cara subak mencari dan mendapatkan sumber air untuk irigasi adalah dengan membangun berbagai fasilitas irigasi seperti empelan, aungan, dan saluran air. Kemudian air yang sudah diperoleh dibagikan kepada semua anggota sesuai dengan aturan yang telah disepakati bersama baik yang menyangkut hak petani atas perubahan air maupun tentang sistem pembagiannya.
The way of Subak to get water for irigation by build many irrigation facility likes, empelan, aungan, and waterpipe . The water that got, then divided to all farmers agree with regulation that made together that relate farners right about change the water or  about dividing system.
Keunggulan dari subak yaitu mampu membagi air secara adil dan merata, menjaga agar tidak terjadi konflik pemanfaatan air, berperan aktif dalam upaya pemanfaatan sumber daya air, memelihara saluran-saluran air, dan mendayagunakan sumber-sumber air yang teredia.
The excellent of Subak that is its can dividing water fairing and spreading, keep to be there not a conflict about  the function of water, active in effort to use water resource, keep the waterpipes and efficiency water source.
Oleh karena itu, keberadaan sistem subak di Bali khususnya dalam sistem pertanian sangat penting. Karena air merupakan kebutuhan dasar yang mutlak harus ada serta terjamin keamanannya baik dari segi kuantitas dan kualitas. Apapun cara yang ditempuh, perlu juga diberi penekanan disini, bahwa permasalahan air pada dewasa ini telah mencapai tahapan yang semakin kritis. Jadi, kita harus menggunakan air seefesian mungkin.
Thus, the existence of Subak system in Bali especially in agricultural system is very important. Because, water is a basis necessity that very absolute and must be there and also warranted its safety from its quantities and qualities. No matter what we can do, we need to gived pressing here that any problems about water in this period reached in a phase that more seriously. So, we must use the water more efficient.

0 comments:

Post a Comment