Sunday, September 25, 2011

Dampak Internet Bagi Remaja

Pada masa sekarang ini, tentu kita sudah sangat mengenal dengan istilah Internet. Suatu hal yang cukup berpengaruh dalam kehidupan kita sekarang ini. Namun tentu internet juga memiliki segi positif dan segi negatif yang perlu kita perhatikan.
Dari segi positif internet dapat memudahkan kita dalam mendapatkan informasi yang aktual.Kita dapat mengetahui apa yang sedang terjadi di belahan dunia lain hanya dengan membaca padalayar komputer ataupun ponsel kita. Selain itu internet juga dapat dijadikan referensi bagi para pelajar dalam mencari ilmu, tanpa adanya internet seorang siswa mungkin akan mengalami kesulitan dalam mencari bahan untuk tugas sekolahnya. Mereka perlu pergi ke berbagai macam toko buku dan perpustakaan hanya untuk mencari materi yang ia butuhkan, namun dengan adanya internet iahanya perlu duduk di depan komputernya dan mulai mencari materi yang ia perlukan. Selain itu,internet juga berjasa dalam segi sosial manusia, internet dapat dijadikan wadah untuk mencariteman baru, baik dari dalam negeri atau bahkan ke negara lain.
Dengan melihat dampak-dampak positif tersebut tentu kita senang dengan keberadaan internet. Namun ada beberapa hal negatif yang perlu kita perhatikan dari internet. Poin pertama,internet merupakan wahana global, dimana seluruh kebudayaan yang terdapat pada internet merupakan campuran dari kebudayaan yang terdapat dari seluruh dunia, dan tentu kita sebagai bagian dari kebudayaan timur tidak dapat sepenuhnya menerima kebudayaan barat yang sangat bertolak belakang dengan kebudayaan kita. Lagi pula hal ini dapat berdampak pada terkikisnya kebudayaan kita. Poin kedua, internet memiliki berbagai konten yang tidak senonoh untuk dilihat bagi para pelajar dan yang belum cukup umur. Contohnya misalkan kekerasan dan pornografi. Hal ini dapat berdampak buruk bagi perkembangan generasi muda di negara kita.
Maka dari itu, perlu adanya dukungan dari masyarakat dan pemerintah dalam mengawasi dan menjaga segala hal dalam internet. Kita butuh akan internet dalam perkembangan bangsa ini,namun diperlukan pengawasan ketat dari pemerintah dalam penerapannya. Perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat mengenai internet serta dampak-dampaknya, sehingga masyarakat mengerti dan dapat turut berperan dalam menjaganya.

0 comments:

Post a Comment